Semoga bermanfaat guys;)


TUGAS MAKALAH LABKOM 1
(MS. OFFICE STANDAR)



DOSEN PENGAMPU :
Viola Dwi Putri Syarif, S.Hum., MIP

DISUSUN OLEH :
Irenne Putri Wahyuni
182311011

STIE TRI BHAKTI BUSINESS SCHOOL
Program Studi Manajemen 2019/2020





DAFTAR ISI


COVER…………………………………………………………………………………..i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………..ii
PENDAHULUAN………………………………………………………………………..1
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………….2
PEMBAHASAN
1.      SEJARAH INTERNET………………………………………………………….............3
2.      INTERNET MENURUT PARA AHLI………………………………………….............6
3.      UNIFORM RESOURCE LOCATOR…………………………………….......................8
5.      WORLD WIDE WEB…………………………………………………………...............9
6.      HOSTING……………………………………………………………………….............10
7.      DOMAIN………………………………………………………………………..............10
8.      DAMPAK NEGATIF & POSITIF INTERNET………………………………...............10
9.      MANFAAT INTERNET BAGI DUNIA PENDIDIKAN….…………………................11
PENUTUP
1.      KESIMPULAN………………………………………………………………….............12
2.      SARAN………………………………………………………………………….............12
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………....13




BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Penulisan

Penyusunan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas mata kuliah Labkom 1 (Ms. Office Standar). Tugas ini disusun dengan mempelajari materi tentang Internet, dimana materi ini akan menjadi pembelajaran kepada kita mengenai ilmu & pengetahuan mengenai Internet agar dapat di pergunakan sebaik baik nya dan memberikan manfaat untuk para penggunanya.

1.2 Tujuan Penulisan
Penyusunan makalah ini bertujuan untuk mendapatkan nilai pada mata kuliah Labkom 1 (Ms. Office Standar) dan menuntaskan tugas yang telah diberikan. Selain itu tugas ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa/i nya agar lebih memahami dalam penggunan Ms. Word yang termasuk pada Ms. Office serta mempelajari ilmu tentang Internet yang harus kita ketahui.

1.3  Manfaat Penulisan

Manfaat penyusunan makalah ini adalah kita dapat mempelajari ilmu tentang
Internet yang hanya kita ketahui sebatas pengetahuan umum saja. Serta kita dapat memanfaatkan ilmu Internet untuk hal yang lebih berguna dan bermanfaat dalam kehidupan sehari hari kita.


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas anugrah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan makalah tentang Internet.
            Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan Makalah ini selain untuk menyelesaikan  tugas yang diberikan oleh Dosen pengajar, juga untuk memperluas pengetahuan para mahasiswa khususnya bagi penulis. Penulis ingin mengajak semua orang memahami apa Internet.
            Di kesempatan kali ini pula penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan masalah ini. Harapan penulis kiranya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk dijadikan sebagai bahan referensi dalam mempelajari bahasan ini.
            Penulis telah berusaha untuk dapat menyusun Makalah ini dengan baik , namun penulis pun menyadari kami memimiliki akan adanya keterbatasan kami sebagai manusia biasa. Oleh karena itu jika didapati adanaya kesalahan-kesalahan baik dari segi teknik penulisan, maupun dari isi, maka kami memohon maaf dan kritik serta saran dari dosen pengajar bahkan semua pembaca  sangat diharapkan oleh kami untuk dapat menyempurnakan makalah ini terlebih juga dalam pengetahuan kita bersama. Harapan ini dapat bermanfaat bagi kita sekalian.


            Bekasi, 27 Maret 2020

PENYUSUN 






BAB II
PEMBAHASAN
Internet (Interconnection Networking) adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran. Sehingga saling dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi. Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA atau disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network).
Proyek ini awalnya dibangun untuk keperluan militer. Namun ternyata proyek ini menjadi berkembang pesat sehingga yang mulanya hanya 4 situs universitas kini banyak universitas dari berbagai negara ingin bergabung. Itulah sebabnya ARPANET dipecah menjadi 2, yakni MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non-militer.
1.      SEJARAH INTERNET
Tahun 1957 awal dari internet melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik). Jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.
Penemuan ARPA pada packet switching pada tahun 1960 menjadi awal landasan terbentuknya internet. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik. pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
ARPANET kemudian merancang sebuah jaringan dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat memindahkan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, dan ditetapkan sebagai sebuah standar pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan disinilah awal dari segala sejarah internet yang dikenal luas sampai saat ini. Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas- universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antar jaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/ IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners- Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam- macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.
Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi.

2.      INTERNET MENURUT PARA AHLI
Setelah memahami mengenai sejarah internet, berikut ini adalah beberapa pengertian internet menurut beberapa tokoh, ilmuwan, ahli, serta beberapa pengertian internet berdasarkan forum dan kelompok tertentu :

1.      Onno W. Purbo
Tokoh pertama yang menjelaskan mengenai pengertian Internet adalah Purbo. Purbo (dalam Prihatna, 2005) menjelaskan bahwa Internet pada dasarnya merupakan sebuah media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail

2.      Oetomo (2002)
Oetomo (2002) menyebutkan bahwa internet merupakan singkatan atau kependekan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain. Lebih lanjut dijelaskan pula, jaringan komputer yang sangat besar ini bisa mencakup jaringna seluruh dunia.

3.      Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)
Pengertian internet lainnya muncul dari pendapat yang dikemukakan oleh Strauss, El-Ansary, dan juga Frost (2003). Mereka mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer – komputer yang saling terhubung di dalam jaringan ini menyimpan dan juga memiliki beberapa file yang bisa diakses dan digunakan, , seperti halaman web, dan juga data lainnya yang bisa digunakan dan juga diakses oleh berbagai komputer yang saling terhubung dengan Internet.

4.      Allan (2005)
Tokoh berikutnya, yaitu Allan (2005) menjelaskan bahwa internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain secara fisik dan juga memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang sering kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) serta Transmission Control Protocol (TCP). Protokol sendiri, lebih lanjut didefinisikan oleh Alan sebagai sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana dua atau lebih komputer dapat saling bertukar informasi.


5.      Randall & Latulipe
Randall & Latulipe (dalam Nafisah, 2001) mendefinisikan apa yang kita kenal dengan nama internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer. Jadi, internet tak ubahnya merupakan sebuah jaringan global yang terdiri atas beberapa jaringan komputer, yang bisa diakses dimana saja.

6.      Kayo, Mori, dan Takano (1996)
Kayo, Mori, dan Takano (1996) memberikan pendapat bahwa internet merupakan jarngan yang memiliki 3 keistimewaan. Keistimewaan pertama yang terdapat dalam internet adalah kebebasan internet. Internet dapat memberikan penggunanya semacam kuasa untuk saling memberi dan menerima informasi secara bebas.

Kedua, internet memiliki keistimewaan, yaitu lebih dinamik serta dinilai sangat mengikuti perkembagan waktu. Kebanyakan informasi dalam internet yang biasa diakses adalah informasi – informasi yang paling baru apabila dibandingkan dengan informasi dalam media cetak.

Ketiga, internet merupakan sebuah jaringan yang bersifat interaktif. Hal ini dikarekan melalui internet, setiap penggunanya dimungkinkan untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lain di dunia ini setiap saat

7.      Supriyanto (2006)
Tokoh lainnya, yaitu Supriyanto (2006) mengatakan bahwa Internet merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda maupun, dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat kompunikasi seperti telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol)

8.      Harjono (2009)
Pendapat lain menyebutkan bahwa Internet dapat diartikan sebagai kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan dapat mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang dapat saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer dapat salin terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optic, satelit atau melalui sambungan telepon (Harjono, 2009).




9.      O’Brien (2003)
Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saat ini berkembang pesat dari berbagai macam kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain, dimana dengan jumlah penggunanya bisa berkembang melebihi dari 200 negara (O’Brien, 2003).

10.  Ramdhani (2003)
Dalam modul pembelajaran Internet, Ramdhani (2003) mengatakan bahwa internet merupakan sebuah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Internet mampu untuk menyediakan akses untuk layanan telekomununikasi dan berbagai sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Internet memilki berbagai macam layanan. Layanan internet meliputi komunikasi secara langsung seperti email dan juga chatting, diskusi seperti Usenet News, email, dan juga milis, serta sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

3.      UNIFORM RESOURCE LOCATOR (URL)
Apa itu URL?
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator , istilah lain untuk menyebut alamat website. URL ini berfungsi membawa Anda ke sebuah website spesifik yang ingin dituju. Biasanya, Anda akan diminta mengetikkan alamat ini di bagian address bar yang ada di browser.

4.      PERBEDAAN HTTP:// DAN HTTPS://
HTTP
HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Merupakan sebuah protokol yang berguna untuk komunikasi antara sistem yang berbeda.Biasanya lebih sering digunakan untuk mengirimkan data dari web server ke browser untuk menampilkan halaman website.
Ini dapat ditemukan ketika kita mengakses website yang letaknya diawal nama domain.
Tapi ada masalah jika website kita menggunakan HTTP. Karena data yang dikirimkan dari browser menuju server tidak di enkripsi, sehingga pihak lain dapat menyalahgunakannya.
Untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan versi yang lebih aman yaitu HTTPS, dimana S mewakili kata secure, yang artinya aman.
HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Dapat Anda temukan ketika mengunjungi sebuah website yang memiliki fitur untuk melakukan transaksi pembayaran atau fasilitas untuk login.

Perbedaan HTTP dan HTTPS akan terlihat ketika Anda mengakses situs HTTP, kebanyakan website yang menggunakan HTTPS akan otomatis melakukan redirect ke HTTPS ketika diakses melalui HTTP://

5.      WORLD WIDE WEB (WWW)
Secara umum pengertian WWW adalah kumpulan sumber daya internet (seperti FTP, telnet, Usenet), teks hyperlink, file audio, dan video, dan situs jarak jauh yang dapat diakses dan dicari oleh browser berdasarkan standar seperti HTTP dan TCP / IP. Disebut juga web, itu dibuat pada tahun 1989 oleh fisikawan Inggris Tim Berners-Lee saat bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa.
Definisi yang lebih luas berasal dari Konsorsium World Wide Web (W3C): “World Wide web adalah semesta informasi yang dapat diakses jaringan, perwujudan pengetahuan manusia.”
FUNGSI WWW
1.      Web Mall Service
Web mail service memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima dan meninjau email dari browser web mereka. web mail service menawarkan akses mudah dan penyimpanan pesan email untuk pengguna yang tidak terhubung ke Internet dari lokasi biasanya
2.      Search Engine
Karena ada ratusan juta situs di internet, maka hadirlah search engine alias mesin pencari. Mesin pencari adalah program yang dirancang untuk memungkinkan pengguna menelusuri informasi atau konten di world wide web.
3.      Web Hosting
Web hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk mengirim situs web atau halaman web ke Internet. Situs web dihost atau disimpan pada komputer khusus yang disebut server. Ketika pengguna Internet ingin melihat situs web anda, yang perlu mereka lakukan adalah mengetikkan alamat situs web atau domain Anda di browser mereka.

6.      HOSTING
Hosting adalah lokasi atau media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Lebih mudahnya, hosting adalah lokasi dimana file website diletakkan. Kita tahu bahwa file website bisa terdiri dari berbagai macam hal seperti script website, file gambar, file video dan sebagainya. Nah, di dalam hosting inilah semua hal tersebut disimpan. Agar nantinya, orang lain dapat membuka website kamu lewat internet. Dikutip dari Wikipedia, Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website. Lebih mudahnya begini, website dianggap sebagai sebuah bangunan. Bangunan tersebut akan didirikan pada kavling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Nah, sepetak tanah tersebut dapat disebut Web Hosting atau sering disebut Hosting.

7.      Domain
Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Ya, sebuah website pastinya memiliki nama. Pernahkah kamu membuat website dengan akhiran (dot)com, (dot)id, (dot)net, (dot)space? Nah nama website dengan akhiran (dot)com, (dot)id, (dot)net, (dot)space tadi disebut dengan domain. Masih ingat jika website diibaratkan suatu bangunan dan hosting diibaratkan dengan sepetak tanah? Nah, domain akan menuntun pengunjung untuk menuju ke sepetak tanah (hosting), yang sudah didirikan suatu bangunan (website). Misalnya, kamu akan mengakses domainesia.com. DomaiNesia merupakan nama domain, sedangkan (dot)com adalah ekstensi domain.
Terdapat 2 kategori untuk ekstensi domain. Pertama, terdapat ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll. Kedua terdapat ekstensi domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id

8.      DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF INTERNET
DAMPAK NEGATIF :
1.      Konten Dewasa
Berbagai fantasi dan juga role playing yang dikhususkan untuk orang dewasa. Ini tentu cukup membahayakan, khususnya untuk anak-anak yang sebenarnya belum boleh mengakses konten dewasa tersebut.
2.      Tersebarnya berbagai informasi palsu
Informasi palsu atau yang akrab disapa hoaks juga sangat tersebar luas di internet. Informasi ini tentu saja menakutkan bagi setiap orang, khususnya kalangan yang belum terlalu paham mengenai informasi tersebut. Bisa jadi informasi palsu ini lebih menakutkan dibanding pembunuhan karena efeknya berjalan dalam jangka panjang.
3.      Menampilkan sisi kekejaman
banyak situs menampilkan berbagai informasi, termasuk informasi yang mengarah kekejaman. Meskipun hanya untuk menaikkan pamor atau sebagainya, tentu saja informasi seperti ini tidak patut untuk diberitakan ke orang lain. Karena bisa membuat trauma dan dianggap tabu oleh sebagian orang.


4.      Penipuan
Sering terjadinya penipuan yang merugikan sebagian besar korbannya.  Jadi Anda yang ingin melakukan bisnis atau ingin menambah uang bulanan harus memastikan jika bisnis yang Anda jalani tersebut bagus dan terpercaya.
DAMPAK POSITIF :
1.      Wadah untuk menambah pengetahuan umum
Dengan berbagai informasi yang ada didalam internet, kita bisa menjadi lebih tahu segala hal karena bertambahnya pengetahuan dan informasi. Ya, semua bidang di seluruh dunia bisa Anda temui di internet beserta perkembangannya. Khusus yang pelajar dan mahasiswa, penggunaan internet mempermudah pekerjaan rumahmu.
2.      Menjadi media untuk komunikasi
Internet juga bisa digunakan untuk alat komunikasi di era teknologi seperti sekarang. Anda bisa berkomunikasi dengan pengguna internet lain yang ada di penjuru dunia. Dengan begitu, segala informasi yang Anda butuhkan bisa didapat dengan mudah, cepat dan tidak membingungkan karena dari orang yang bersangkutan langsung.
3.      Mencari lowongan pekerjaan
Dengan berbagai situs yang ada, Anda bisa memilih mana pekerjaan yang menurutmu paling cocok dengan diri Anda. Selain itu, setiap perusahaan besar di Indonesia dan dunia juga menggunakan internet untuk mencari tahu lebih lengkap seputar calon pekerja. Jadi usahakan memberi citra yang baik di internet agar Anda tetap mendapat apa yang dinginkan.
4.      Lebih mudah untuk melakukan bisnis dan transaksinya
Anda yang ingin bisnis telah dijalankan makin maju bisa juga memanfaatkan perkembangan internet. Saat ini ada banyak strategi internet marketing yang bisa dicoba. Internet marketing memberikan banyak keuntungan para pelaku bisnis. Contohnya proses pemasaran lebih luas karena bukan hanya orang lokal saja yang bisa melihatnya.

9.      MANFAAT INTERNET BAGI DUNIA PENDIDIKAN
Ø  Sarana mencari informasi
Ø  Sarana mempermudah pencarian referensi
Ø  Sebagai sarana pembelajaran
Ø  Menyediakan fasilitas multimedia
Ø  Penyedia sumber informasi yang relative murah
Ø  Sebagai penyedia sumber pelajaran tambahan
Ø  Sarana untuk mencari beasiswa
Ø  Mendorong penguasaan bahasa asing
Ø  Mendorong kreatifitas dan kemandirian
Ø  Sarana pendidikan jarak jauh
Ø  Sarana penyimpanan informasi
BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Pelajar pada saat ini dituntut agar bisa menghadapi era globalisasi yang modern yang tentunya sangat berbeda seperti zaman dahulu. Ada yang mengatakan internet memiliki banyak sekali manfaat, tetapi ada juga yang mengatakan internet memiliki banyak sekali dampak buruk. Hal ini tergantung bagaimana kita menyikapi dan menggunakan internet.
Ketika seseorang berpikiran bahwa internet itu sangat merugikan dan berdampak buruk maka secara tidak langsung seseorang itu akan menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak baik. Tetapi ketika seseorang berpikiran bahwa internet itu sangat bermanfaat maka secara tidak langsung seseorang itu akan menggunakan internet untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat.

B.     SARAN
Menurut saya, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari dampak buruk penggunaan internet dan menerima sebanyak-banyaknya manfaat dari internet adalah sebagai berikut:
a.       Meningkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
b.      Merubah pola pikir terhadap internet, berpikirlah selalu positif.
c.       Membuka situs-situs yang memang dijamin aman dan menginstall software pelindung internet.
d.      Menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai keinginan.
e.       Mengelola dan membatasi penggunaan internet.

Selain itu ada peran khusus orang tua untuk mengawasi dan memberikan penjelasan tentang internet. Karena keluarga merupakan komunitas terkecil yang membentuk karakter anak. Akan tetapi semua ini dapat terwujud apabila semua pihak bekerjasama



DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS AND GUIDE OOTD HIJAB

Festival Musik "Heyfest"